Tingkat Daya Saing Kompetisi Internasional Lewat ASMO 2019

  • August 26, 2019

Tingkat Daya Saing Kompetisi Internasional Lewat ASMO 2019

Tingkat Daya Saing Kompetisi Internasional Lewat ASMO 2019

Asian Science and Mathematics Olympiad (ASMO) 2019 dengan tema “

We Never Lose, We Wither Win or Learn” digelar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darul Hikam, Jln. Tubagus Ismail – Dalam No. 78, Kota Bandung, Sabtu (13/4/2019). Kompetisi ini bertujuan meningkatkan kompetensi siswa di Indonesia agar bisa bersaing di tingkat internasional, terutama di bidang pendidikan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMP Darul Hikam, Yudianto mengatakan, kegiatan ini diikuti perwakilan dari sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) di Jawa Barat. Sebanyak 107 siswa mengikuti kompetisi ini dan SMP Darul Hikam diberi kepercayaan menjadi tuan rumah ASMO untuk mengembangkan kemampuan setiap siswa.

“ASMO merupakan even bertaraf internasional. Soal-soal yang diujikan terdiri dari matematika dan sains dengan standar internasional. Ini menjadi tantangan bagi para siswa,” ujarnya, seperti dilansir Harian Umum Galamedia.

Ia mengatakan, pada umumnya siswa mengerjakan soal yang biasa, tetapi kali ini diberikan soal berbeda.

Sehingga, ke depan pengembangan kompetensi siswa menjadi target ASMO.

Sementara itu, Perwakilan Panitia ASMO, Anton Nurhilman memaparkan, ajang ini bukan hanya di bidang akademik, tapi juga mengambil nilai budaya. Nilai budaya pada kompetisi tersebut, yaitu ketika siswa digabungkan menjadi satu maka akan terjadi interaksi antarsatu dengan yang lainnya. “Terlebih saat acara puncak, yaitu final. Kompetisi ini akan diikuti berbagai negara dengan menampilkan budaya masing-masing,” ujarnya.

Tak hanya itu, peraih medali akan menampilkan adat istiadat yang berasal dari negaranya.

Pembentukan karakter siswa bisa didapat dari ajang ini sehingga siswa bisa menjalin komunikasi dengan yang lainnya serta dapat menambah wawasan setiap individu.***

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/