Tiga Hari Semua Siswa Ikuti MPLS Serentak

  • October 23, 2019

Tiga Hari Semua Siswa Ikuti MPLS Serentak

Tiga Hari Semua Siswa Ikuti MPLS Serentak

Tiga hari berturut-turut, sekolah di Kota Bogor serentak bakal meng­gelar Masa Pengenalan Ling­kungan Sekolah

(MPLS), baik tingkat SMP, SMA maupun SMK negeri maupun swasta.

MPLS yang sebelumnya di­kenal dengan sebutan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD) merupakan se­buah kegiatan yang dilaksana­kan sekolah jelang awal tahun pelajaran sebagai tradisi me­nyambut kedatangan peserta didik baru. Kepala SMP Ne­geri 9 Kota Bogor, Achmad Buchori, menjelaskan, seluruh sekolah negeri maupun swas­ta akan mulai melakukannya pada Senin (15/7) selama tiga hari. “MPLS ini sebagai ajang melatih ketahanan mental siswa, disiplin dan mempere­rat tali persaudaraan antar­siswa baru dengan siswa lama sebagai seniornya,” katanya.

Tak hanya itu, MPLS juga di­gelar sebagai bentuk perkenalan siswa terhadap lingkungan sekolah

dan kegiatan ekstra­kurikuler. Termasuk pengenalan sesama siswa baru, siswa baru dan seniornya dan siswa baru dengan guru serta karyawan di sekolah. Sementara Kepala SMP Negeri 15 Kota Bogor, Endang Mina, menjelaskan, kegiatan MPLS ini akan diisi dengan penampilan ekstraku­rikuler yang dilakukan di seko­lah oleh siswa-siswi lama. Ia juga memastikan kegiatan ini sepenuhnya dilaksanakan anak-anak OSIS dengan didampingi guru sebagai pengawas, asisten dan pemantau kegiatan MPLS. “Para siswa baru diharapkan akan berminat dengan bebe­rapa kegiatan organisasi mau­pun kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di sekolah” kata Endang.

Tak hanya itu, kegiatan MPLS juga dilaksanakan di SMP Ne­geri 4 Kota Bogor. Beberapa kegiatan

yang dilakukan meli­puti diskusi kependidikan, termasuk ceramah yang disam­paikan guru maupun narasum­ber dan kepolisian. “Kita akan isi acara MPLS ini dengan mendatangkan penceramah dari kepolisian, di mana siswa baru akan diberikan pembe­kalan tentang bahaya penya­lahgunaan narkotika, termasuk bahaya dan risiko serta huku­man dari tawuran antarsiswa,” terang Kepala SMP Negeri 4 Kota Bogor, Wawan.

Wawan menambahkan, be­berapa materi yang akan disam­paikan kepada siswa-sisiwi baru selama MPLS selain materi penampilan kegiatan ekstra­kurikuler, juga akan diberikan materi pengenalan Wawasan Wiyata Mandala, Kepramu­kaan, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Cara Belajar Efektif, Pendidikan Karakter Siswa, Tata Krama Siswa, Pengenalan Kurikulum serta Pembinaan Mental Siswa. “Semoga dengan diberikannya materi tentang hukum, siswa akan punya nalar dan rasa takut untuk melakukan hal negatif. Jadi, ke depan siswa-siswi baru akan lebih konsen­trasi belajar dengan nyaman, menuntut ilmu di SMP Negeri 4,” katanya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/3XKR6YR