SD Inpres Piru Terima Kunjungan Sekolah Mitra

  • September 7, 2019

SD Inpres Piru Terima Kunjungan Sekolah Mitra

SD Inpres Piru Terima Kunjungan Sekolah Mitra

Penandatanganan MOU antara SD Inpres 1 Piru dan SD INpres Latta Kota Ambon

Piru, Tribun-Maluku.com : SD Inpres 1 Piru kecamatan Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat menerima kunjungan mitra sekolah yaitu dari SD Inpres Lata kota Ambon, Jumat (20/11).

Kunjungan ini, dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, proses pembelajaran, pengelolaan manajemen sekolah, keterampilan siswa dan program Sekolah Bersih dan Sehat (SBDS) di sekolah,

Rombongan SD Inpres Latta disambut dengan meriah oleh dewan Guru dan para siswa SD Inpres 1 Piru, dimana Penjemputan dilakukan oleh Kepala Sekolah Ny. S kakiasina, S.Pd didampingi suami Louhatapessy Hengky beserta dewan guru di dermaga feri penyeberangan Waipirit pukul 09.00 Wit.

Setibanya rombongan di kota Piru, disambut oleh siswa-siswi SD Inpres 1 Piru dengan totobuang dan tarian cakalel, kemudian rombongan juga di sambut dan diarahkan menuju lokasi sekolah menggunakan kain putih yang melambangkan kain gandong dengan panjang 20 meter.

Dalam sambutan yang disampaikan kepala Sekolah SD Inpres Latta, Simon Kippuw, S.Pd, mengatakan merasa bangga karena sambutan yang di lakukan oleh SD Inpres 1 Piru sangat luar biasa.

“Saya merasa bangga karena saya tidak menyangka sambutan yang dilakukan begitu meriah oleh siswa maupun dewan guru yang ada di SD Inpres 1 Piru ini,” kata Simon.

Dikatakannya, kehadiran dirinya bersama rombongan yang di rencanakan berada di SD Inpres 1 Piru selama dua hari (20-21/11) bukan sebagai kegiatan melancong tetapi SD Inprtes Latta hadir dengan berbagai kegiatan diantaranya melakukan kerjasama MOU dalam bidang pendidikan untuk kedua sekolah, membagi pengalaman Manajemen Administrasi dan kemampuan siswa dalam mengelola sampah daur ulang.

Dijelaskannya, kerjasama yang yang dilakukan telah berjalan kurang lebih tiga tahun

namun baru secara resmi di lakukan MOU bagi kedua sekolah.

“Perjalanan ini sudah berjalan selama tiga tahun dan kita telah lakukan kegiatan – kegiatan yang merupakan sekolah bersih dan sehat dan juga administrasi yang perlu di tingkatkan dalam bidang pendidikan dan hal ini tidak terlepas dengan Prestasi siswa pada pendidikan dan keterampilan,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam dewasa ini pemerintah melihat bahwa pendidikan lebih bermutu

dan lebih bermanfaat di seluruh bidang apapun perlu dilihat bersama maka dengan adanya kerjasama ini dapat melihat kemampuan pada anak maupun guru dan kemampuan dari sekolah sehingga pada waktu kedepan perlu ditingkatkan.

Dia berharap dengan adanya MOU yang telah di buat dapat terlaksana bukan tahun ini saja, tetapi dapat berjalan terus walaupun di kemudian hari terjadi pergantian kepemimpinan di sekolah masing-masing, sehingga menjadi hal ini dapat menjadi inspirasi untuk cita –cita penerus bangsa yang akan datang.

Sementara itu kepala sekolah SD Inpres 1 Piru, Ny. S Kaisina, S.Pd mengatakan bersama seluruh dewan guru dan siswa menyambut baik dan merasa bangga dengan kunjungan yang dilakukan oleh SD Inpres Latta.

Menurut Kaisina, hal ini merupakan sesuatu yang sangat berharga dan perlu dikembangkan

, karena kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang dapat membangun pendidikan dari berbagai bidang dan juga kebersamaan.

“Kami sebagai tuan rumah, merasa sangat bangga dan menjadi satu nilai tambah yang perlu di kembangkan dan bukan saja di hari ini tetapi terus berkelanjutan juga, pada kegiatan ini bukan kegiatan seperti biasanya tetapi Membangun mitra untuk bagaimana kita saling berbagi pengalaman terkhusus dalam bidang pendidikan dan lebih khusus dalam bidang keterampilan,” kata Kaisina.

Salah satu kegiatan yang sangat menarik yang di berikan oleh SD inpres Latta yaitu Kegiatan Daur Ulang Sampah. Pada kegiatan ini siswa maupun guru di ajarkan bagai mana mengelola sampah menjadi sesuatu barang jadi yang mempunyai suatu nilai tambah.

“Saya sebagai kepala sekolah sangat bangga dan berterima kasih karena yang akan kita dapatkan dari SD Inpres Latta yaitu kegiatan daur ulang dan ini sangat bermanfaat,” bebernya.

Kegiatan ini, tambahnya, menjadi edukasi bagi SD Inpres 1 Piru karena dalam perjalanan tugas masih masih banyak kekurangan, sehingga kehadiran SD Inpres 1 Latta sebagai salah satu sekolah di kota Ambon yang telah memiliki banyak pengalaman dapat membatu dalam hal membagi pengalaman sehingga kedepan SD Inpres 1 Piru bisa berbenah dan bisa sama lebih baik dari saat ini.

Dalam kunjungan sekolah mitra yang dilakukan ini SD Inpres 1 Piru bersama SD Inpres Latta, melakukan penanaman pohon dilingkungan sekolah sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekolah yang hijau dan sehat.

 

Baca Juga :