PPDB Masih Semi Daring

  • October 3, 2019

PPDB Masih Semi Daring

PPDB Masih Semi Daring

Rasa was-was terlihat jelas di raut wajah Doni Faisal. Alumni SMPN 11 Pekanbaru

itu ikut mendaftar diri pada PPDB online melalui sekolah SMAN 6 Pekanbaru. Rasa was-was yang dirasakan Doni Faisal ini bukan tidak memiliki alasan. Dia merasa was-was karena takut tidak lulus di sekolah yang sudah menjadi pilihannya utamanya itu, karena merasa belum paham pendaftaran bagaimana cara mendaftar melalui sistem tersebut.

Sekitar pukul 08.30, Doni Faisal sudah tiba di sekolah SMAN 6 Pekanbaru, Jalan Bambu Kuning, Pekanbaru. Dia terlihat menggunakan seragam sekolah SMPN 11. Kedatangannya pagi itu tidak sendiri, melainkan didampingi oleh orangtuanya.

Sampai di depan ruang pendaftaran, Doni tidak langsung bertanya atau berkonsultasi cara pendaftaran sistem daring kepada panitia PPDB. Sepintas terkadang merasa aneh, anak sebesar itu merasa tidak berani untuk bertanya dan meminta orangtuanya yang mendaftarkan dirinya.

’’Saya tidak tahu, tidak paham daftar sistem online, bapak saya saja yang mendaftarnya

,” ungkap Doni yang sambil duduk di depan ruang pendaftaran menunggu orangtuanya.

Sementara, kedua orangtuanya justru yang paling sibuk bertanya tentang kelengkapan berkas persyaratan dan cara mendaftar sistem online yang ditakutkan anaknya. Tidak hanya Doni, pendaftaran sistem online memang masih banyak belum dipahami peserta lainnya, apalagi mereka yang berasal dari luar Kota Pekanbaru.

Berkas pendaftaran milik Doni sudah dilengkapi, mulai dari fotokopi SHUN dan fotokopi ijazah

dan surat keterangan dari sekolah lainnya. Setiap pendaftar memang perlu bersabar, tidak bisa langsung menyerahkan berkasnya.

Bersabar ikut dalam antrian terlebih dahulu. Karena ada ratusan pendaftar lainnya. Ternyata penerapan PPDB online tidak diterapkan seperti yang dibayangkan para peserta. Yakni pendaftaran dengan menggunakan komputer, setiap peserta mendaftar sendiri, tidak demikian. Contohnya seperti yang terlihat di SMAN 6 Pekanbaru, setiap peserta hanya diberikan formulir pendaftaran. Setelah mengisi data dan tiga pilihan sekolah, formulir pendaftaran disatukan dengan berkas Ijazah dan lainnya.

 

Sumber :

https://www.pesawarankab.go.id/pages/sejarah-kota-bandung/