Persyaratan Ekspor

Persyaratan Ekspor dan Dokumennya Lengkap

  • December 24, 2019

Persyaratan Ekspor dan Dokumennya Lengkap

Persyaratan Ekspor

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi eksportir ketika akanmengekspor, antara lain:

  • Surat IjinUsaha Perdagangan (SIUP) yang dikeluarkan oleh Kantor WilayahDepartemen Perindustrian dan Perdagangan Propinsi (Kanwil Deperindag),atau ;
  • Surat Ijin Usaha (SIU) oleh Departemen Tehnis atauLembagaPemerintah
  • Surat pengakuan sebagai eksportir atau importir terdaftar (Approved Exporter/ Importer) dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan khususnya untuk mata dagangan yang diatur tata niaganya dan mata dagangan yang diawasi ekspor dan impornya
  • Tanda Pengenal Perusahaan Eksportir Tertentu (TPPET) yang dikeluarkanDepartemen Keuangan kepada perusahan eksportir/ importir yang mendapatfasilitas pembiayaan dari Bank Indonesia dan kemudahan kepabeanan dariDirjen Bea dan Cukai.

Dokumen Ekspor

Dokumen-dokumen yang harus dipenuhi ketika mengekspor barangdiantaranya adalah:

Dokumen Utama :

  1. PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang)adalah pemberitahuan oleh pemberitahu atas barang yang akan dieksporberdasarkan dokumen pelengkap Pabean sesuai prinsip self asessment.
  2. B/L (Bill of Lading) untuk angkutanlaut adalah jenis dokumen yang digunakan untuk mengakui penerimaan kiriman barang.
  3. InvoiceMerupakan dokumen yang digunakan sebagai pernyataan tagihan yang harusdibayar oleh customer.
  4. Packing List Merupakan dokumen packing atau kemasan yang menunjukkan jumlah, jenisserta berat dari barang ekspor atau impor. Juga merupakan penjelasan dariuraian barang yang disebut di dalam commercial invoice.

Dokumen Pelengkap

  1. SKA (Surat Keterangan Asal) / COO (Certificateof Origin)Merupakan sertifikasi asal barang, dimana dinyatakan dalam sertifikattersebut bahwa barang atau komoditas yang diekspor adalah berasal daridaerah atau negara pengekspor.
  2. SM(SertifikatMutu)Merupakan sertifikat yang menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan olehprodusen atau produk yang diekspor bermutu.
  3. LPS- E (Laporan Pemeriksaan Surveyor – Ekspor)

 

Sumber : https://pelajaranips.co.id/