Pengertian Impor

Pengertian Impor dan Barang Modal

  • December 24, 2019

Pengertian Impor dan Barang Modal

Pengertian Impor

Pengertian Impor

Impor adalah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negarake negara lain secara legal, umumnya dalam proses perdagangan. Proses imporumumnya adalah tindakan memasukan barang atau komoditas dari negara lain kedalam negeri. Impor barang secara besar umumnya membutuhkan campur tangandari bea cukai di negara pengirim maupun penerima. Import adalah bagian pentingdari perdagangan internasional, lawannya adalah eksport

Pengertian impor menurut UU Kepabeanan adalah kegiatan memasukkanbarang ke dalam daerah pabean. Semua

 yang dimaksudkan adalah semuaatau seluruh barang dalam bentuk dan jenis apa saja yang masuk ke dalam daerahpabean.Indonesia mengimpor 3 jenis barang yaitu barang konsumsi, barangmodal, dan barang baku/penolong.

Barang Konsumsi

adalah barang-barang yang digunakan untuk memenuhikebutuhan sehari-hari,seperti makanan, minuman, susu, mentega, beras, dan daging.

Bahan Baku/ Bahan Penolong

merupakan barang- barang yang diperlukan untuk kegiatan industri baik sebagai bahan baku maupun bahan pendukung,seperti kertas, bahan-bahan kimia, obat-obatan dan kendaraan bermotor.

Barang Modal

adalah barang yang digunakan untuk modal usaha sepertimesin, suku cadang, komputer, pesawat terbang, dan alat-alat berat.

Baca Juga :