Payakumbuh Terima Penghargaan Terbaik Pengelolaan Pendidikan

  • October 15, 2019

Payakumbuh Terima Penghargaan Terbaik Pengelolaan Pendidikan

Payakumbuh Terima Penghargaan Terbaik Pengelolaan Pendidikan

pendidikan. Kota berpenduduk sekitar 127 ribu jiwa lebih itu ditetapkan sebagai Pengelola Pendidikan

Terbaik Pertama antar-kota di Sumatera Barat Tahun 2016. Sementara, untuk kategori kabupaten, terbaik pertama direbut Kabupaten Tanah Datar. Dharmasraya dan Limapuluh Kota terbaik II dan III.

Kepastian Payakumbuh sebagai Pengelola Pendidikan Terbaik Urutan Pertama antarkota di Sumatera Barat, disampaikan pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2016, Tingkat Sumatera Barat di halaman Kantor Gubernur di Padang, Senin (2/5). Di bawah Payakumbuh, Pengelola Pendidikan Terbaik II dan III diraih Kota Padangpanjang dan Kota Bukittinggi.
Wakil Gubernur Sumatera Barat H. Nasrul Abit bersama Ketua DPRD Ir.H.Hendra Irwan Rahim menyerahkan penghargaan dan trofi atas prestasi tersebut kepada Walikota H. Riza Falepi dihadapan ratusan peserta upacara Hardiknas, anggota Muspida dan pejabat di jajaran Pemprov Sumatera Barat dan sejumlah bupati dan walikota yang hadir.
Tidak sebatas pengelola pendidikan terbaik untuk kota, SMAN 1 Payakumbuh juga mengukir prestasi dalam bidang yang sama. Dari 19 kota dan kabupaten di Sumbar, SMAN 1 Payakumbuh berada diurutan ke-6. Urutan pertama milik SMAN 1 Padang, disusul SMAN 1 Tanah Datar dan SMAN 1 Bukittinggi ditempat II dan III. SMAN 1 Akabiluru Limapuluh Kota berada di urutan 12.
Kepala SMAN 1 Payakumbuh Drs. Delfizal, M.Pd bersama Kadisdik H. Hasan Basri Sy, S.Pd, juga menerima trofi dan penghargaan dari Sekdaprov Sumbar H. Ali Asmar. Walikota Riza Falepi sukses mewujudkan visinya dalam meningkatkan mutu pendidikan, menjelang empat tahun kepemimpinannya bersama Wawako H. Suwandel Muchtar, September mendatang.
“Saya senang dan lega, janji politik jelang Pilkada yang tertuang dalam RPJMD Payakumbuh 2012-2017, menjadi yang terbaik di Sumatera Barat untuk urusan pendidikan sudah tercapai, ” tegas Riza.

Selain pendidikan bermutu, pendidikan berakhlak mulia, Walikota Riza Falepi dengan dukungan DPRD

juga fokus membangun fisik seluruh sekolah di Payakumbuh. Malahan selama kepemimpinan Riza Falepi, juga dibangun tiga sekolah baru, yaitu SMPN 10 di Kapalo Koto dan SMAN 5 yang disiapkan untuk boarding school di Balai Panjang, keduanya di Payakumbuh Selatan. Kemudian SMKN 4 di Parik Muko Aie, Kecamatan Latina.
Tahun ajaran 2016/2017, SMAN 5 akan menerima 2 lokal siswa boarding school, selain 4 lokal reguler. Mantan Kepala SMAN 1 Payakumbuh Resnulius, M.Pd, dipercaya walikota untuk menggenjot prestasi SMAN 5 Boarding School itu. Kemudian, SMKN 4, satu-satunya SMKN IT di Sumatera Barat, dengan 3 jurusan, yaitu Teknik Komputer Jaringan, Multi Media dan Teknik Perangkat Lunak. Tahun ajaran ini, SMKN 4 menerima 6 lokal siswa baru.

“Payakumbuh sudah menjadi tujuan pendidikan di Sumatera Barat, karena mutu dan fisik sekolahnya yang terus

membaik dari tahun ke tahun,” tambah Kadisdik Hasan.
Salah satu indikatornya dalam mengantarkan Payakumbuh sebagai pengelola pendidikan terbaik, dinilai dari tingkat kelulusan dan jumlah siswa SLTA yang diterima di perguruan tinggi. Selain hasil nilai UN sekolah atau individu siswanya pada setiap jurusan. Selain itu, komptensi guru juga ikut memberikan kontribusi tinggi dalam pengelolaan pendidikan terbaik.
Data yang diterima di Dinas Pendidika Payakumbuh, tahun ajaran 2014/2015, dari 3.445 yang lulus UN, 1.440 (40%) diterima kuliah di 12 perguruan tinggi negeri nasional. Di antaranya, di ITB (15 orang), IPB (26), Unpad (14), Undip (7), UGM (26), UI (14), USU (9), UNRI (5), Unand (271) dan UNP (162). Rinciannya, dari 1.427 yang lulus pada SMA

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/Gon2S2gUTz01fN3