Liburan Pecinta Film yang Jadi Nyata di Jepang

Liburan Pecinta Film yang Jadi Nyata di Jepang

  • August 6, 2019

Liburan Pecinta Film yang Jadi Nyata di Jepang

Liburan Pecinta Film yang Jadi Nyata di Jepang

Ada banyak alasan untuk traveling

ke Negeri Sakura Jepang. Salah satunya adalah lewat film atau anime.

Bagi pencinta anime mulai dari cerita yang klasik seperti Doraemon, Saint Seiya, Inuyasha, hingga yang modern seperti Captain Tsubasa, Card Captor Sakura, dan masih banyak lagi, negara Jepang menjadi salah satu tujuan traveling impian. Tak terkecuali bagi saya yang memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Keseharian tokoh-tokohnya

kebiasaan yang diceritakan, lokasi-lokasi yang memanjakan mata, dan makanan-makanan yang ditampilkan membuat saya sejak masih kecil sudah berangan-angan ingin mengunjungi negara Jepang dan melihat semua itu secara langsung.

Saat kesempatan itu bisa tercapai, maka saya pun memanfaatkan sebaik mungkin untuk mewujudkan perjalanan impian yang tidak biasa khas pecinta anime yang sudah saya impikan sejak kecil. Apa saja yang biasanya ada di cerita anime dan bisa disaksikan dan dirasakan langsung di Jepang?

Melihat perempuan-perempuan berdoa di shrine

sambil mengenakan kimono. Di berbagai anime seperti Sailormoon, Inuyasha, Samurai X, dan masih banyak lagi, pemandangan perempuan yang khusuk berdoa sambil mengenakan pakaian tradisional Jepang ini kerap ditunjukkan. Suasana damai dan tenang kerap ditunjukkan. Banyak shrine di Jepang, salah satunya adalah Fushimi-Inari yang berwarna merah yang terletak di Kyoto, Jepang.

Kyoto terkenal sebagai daerah budaya yang ditinggali penduduknya dari berbagai generasi. Nah, traveler pun dapat menyaksikan berbagai aktivitas penduduk lokal. Jika traveler bertumbuh pada era anime seperti Chibi Maruko Chan, Sinchan, dan masih banyak lagi, maka melihat aktiitas anak-anak yang menaiki bus sekolahnya bisa dilihat salah satunya di sudut jalan Kyoto saat traveler akan menuju hutan bambu yang terkenal yakni Arashiyama. Saat melihatnya, maka traveler akan teringat kelucuan Maruko dan teman-temannya.

Menjelajah ke kota lain seperti Osaka maka traveler bisa mengunjungi Osaka Castle. Castle ini akan mengigatkan traveler pada anime klasik seperti Samurai X. Tak hanya di Osaka, di kota-kota lain pun terdapat castle dengan ciri khas dan keindahan yang berbeda. Misalnya Himeiji Castle yang berwarna putih indah hingga dijuluki bangau putih.

Selanjutnya, jangan lupa menjelajah hingga di Hakodate, Hokkaido yang juga memiliki keunikannya sendiri. Di berbagai anime, kerap ditunjukkan bahwa orang Jepang sangat gemar berjalan kaki dan jembatan dengan sungai mengalir di bawahnya kerap menjadi lokasi yang memanjakan mata.

Hakodatte terkenal dengan keindahan kotanya dan terdapat banyak jembatan dengan pemandangan yang indah. Ikutlah menyisir jalan dan jembatan berbaur dengan penduduk lokal dan rasakan bagaimana cerita dalam anime itu bisa traveler nikmati juga dalam dunia nyata.

Satu lagi hal yang menarik yang bisa dilakukan di Hakodatte adalah berjalan menikmati hari di bawah pohon Sakura sambil mengenakan kimono. Adegan ini pun kerap ditunjukkan di berbagai anime seperti Samurai X, Cardcaptor Sakura, Inuyasha, hingga Kimi No Nawa.

Tentu untuk hal ini perlu menentukan waktu yang pas yakni di sekitar bulan Maret hingga awal Mei, sesuai pergerakan udara hangat di sepanjang Jepang. Saat berjalan di bawah Sakura sambil mengenakan kimono, traveler akan bernostalgia serasa berada dalam cerita-cerita anime.

Itu baru anime, salah satu jenis referensi film atau series. Masih banyak keseruan traveling dari berbagai referensi film lainnya. Salah satunya adalah film terkenal dunia yakni Mission Impossible ke-empat yang bertajuk Mission: Impossible Ghost Protocol yang salah satu lokasi pentingnya berada di Dubai.

Saat melihat Tom Cruise berada di Burj Khalifa, Dubai, maka saya sebagai penikmat film sontak langsung berangan-angan suatu saat nanti bisa mengunjungi gedung pencakar langit setinggi 828 meter dari permukaan tanah itu.

Tak hanya karena referensi dari film, Dubai menjadi salah satu tujuan traveling impian saya karena Dubai merupakan salah satu kota yang tak hanya terkenal dengan kemegahannya tapi juga sarat dengan pengetahuan di bidang teknologi, arsitek, budaya, dan tentunya keindahan alam khas Teluk Persia yang eksotis.

Perpaduan ini tentu akan menjadikan perjalanan dan traveling di Dubai menjadi Extraordinary Traveling. Bagi saya, Dubai merupakan simbol kemajuan teknologi modern dan budaya kearifan lokal yang berjalan harmonis. Itulah yang yang menjadikan Dubai sebagai Dream Destination.

Baca Artikel Lainnya: