Jaring Peserta Didik Berprestasi

  • October 3, 2019

Jaring Peserta Didik Berprestasi

Jaring Peserta Didik Berprestasi

Untuk tahun ajaran 2015-2016, Yayasan Pendidikan Al Ma’soem

menyediakan beasiswa bagi para calon peserta didik yang akan masuk SMP. ’’Kami akan melakukan penjaringan kepada minimal 100 calon peserta didik SMP dengan melakukan uji tes kompetensi,” ungkap Ketua Panitia Seleksi Asep Dedi Suhendri S.E, yang didampingi Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru Al Ma’some Ayi Mi’rajul Mu’minin, kemarin (16/6).

Adapun pendaftaran seleksi penerima beasiswa tersebut dimulai sejak 15 Juni-4 Juli 2015. Sedangkan pelaksanaan ujian pada 7 Juli 2015, dan pengumuman kelulusan pada 11 Juli 2015.

Dari jumlah minimal 100 peserta tes uji kompetensi, yang akan menerima

beasiswa hanya 8 orang yang meraih nilai tes tertinggi. Mereka akan dibebaskan dari biaya SPP bulanan selama 3 tahun dan digratiskan dari Dana Pengembangan Pendidikan. ’’Bila dihitung dengan nominal, besar beasiswa yang akan mereka terima mencapai 30.950.000 rupiah,” tutur Asep.

Program penjaringan ini hanya diadakan di tingkat SMP, dan belum dilakukan di tingkat SMA. ’’Insya Allah program ini bersifat permanen, sebagai bentuk apresiasi Al Ma’soem untuk peserta didik yang memiliki kemampuan akademik,” tuturnya pula.

Adapun uji tes tersebut meliputi mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional,

yaitu mata pelajaran matematika, IPA, dan bahasa Inggris. ’’Sampai kini, para calon yang akan mengikuti tes sudah mencapai 50 calon peserta didik. Kami akan melakukan tes tersebut bila calon peserta sudah mencapai jumlah minimal 100 siswa,” tukasnya.

SMP Al Ma’soem dikenal sebagai salah satu lembaga pendidikan yang banyak diminati oleh masyarakat sekitarnya. ’’Tahun kemarin saja, SMP Al Masoem memiliki total 900 peserta didik, sedangkan kapasitas untuk calon peserta didik baru akan menampung sampai 300 peserta didik,” pungkasnya

 

Baca Juga :