China Bagikan Foto Cantik dari Misi Sisi Jauh Bulan

  • January 26, 2020

China Bagikan Foto Cantik dari Misi Sisi Jauh Bulan

China Bagikan Foto Cantik dari Misi Sisi Jauh Bulan

China berhasil mendaratkan wahana antariksa Chang’e-4 di sisi jauh Bulan pada 3 Januari 2019. Menurut Xinhua News Agency, wahana nirawak Chang’e-4 menjadi yang pertama yang pernah mendarat di sisi jauh Bulan.

Pendarat Chang’e-4 dan penjejalah Yutu 2 diluncurkan ke Bulan pada 8 Desember 2018

dan melakukan pendaratan pertama di sisi jauh Bulan pada awal Januari 2019. Wahana antariksa itu mendarat di dalam kawah Von Kármán, di area cekungan Aitken.
ADVERTISING
Ads by Teads

Telah berumur satu tahun sejak pendaratannya, China merilis sejumlah besar data yang mencakup foto beresolusi tinggi yang di ambil dari sisi jauh Bulan pada 20 Januari.

Dilansir dari Space.com, foto-foto tersebut memperlihatkan pemandangan kawah Von Kármán yang dicitrakan oleh penjelajah Yutu 2. Foto ini diproses oleh Doug Ellison menggunakan citra dari arsip gambar Chang’e-4 Administrasi Luar Angkasa Nasional China.

Doug Ellison yang merupakan pimpinan tim teknik kamera untuk Curiosity Mars Rover di Jet Propulsion Laboratory NASA mengunduh berbagai data dan menyatukan foto-foto untuk menghasilkan gambar yang lebih besar.
China Bagikan Foto Cantik dari Misi Sisi Jauh Bulan. (Technic Spatiales)
China Bagikan Foto Cantik dari Misi Sisi Jauh Bulan. (Technic Spatiales)

Foto yang dirilis juga mencakup pemaandangan jarak dekat kawah dan regolith

(tanah Bulan) di Kawah Von Kármán serta berbagai bidikan dari pendarat dan penjelajah.

Karena sisi jauh Bulan tidak pernah menghadap Bumi, data dari pesawat ruang angkasa disampaikan melalui satelit komunikasi Queqiao yang melayang di sekitar Bulan.

Seorang kartografer di Centre for Planetary Science and Exploration di Western University, Ontario, bernama Philip Stooke juga telah menggunakan data foto terbaru yang dirilis China untuk memperbaiki peta yang memetakan rute keliling Yutu 2.

Foto-foto tersebut juga disediakan secara publik melalui tautan Google Drive

yang telah dikonversi oleh Technic Spatiales, akun Twitter ruang angkasa Perancis.

Misi Chang’e-4 masih akan terus berlanjut sementara China tengah mengembangkan misi Bulan berikutnya dengan meluncurkan Chang’e-5. Misi baru itu diperkirakan akan diluncurkan sekitar akhir tahun 2020 dengan mengirim pendarat dan penjelajah lian ke Bulan dalam misi untuk mengembalikan sampel Bulan ke Bumi.

 

Sumber :

https://mlwcards.com/