Cara Menanam Bunga Adenium Agar Cepat Berbunga

Cara Menanam Bunga Adenium Agar Cepat Berbunga

  • July 26, 2019

Cara Menanam Bunga Adenium Agar Cepat Berbunga

Cara Menanam Bunga Adenium Agar Cepat Berbunga

Adenium

Adenium merupakan bunga yang paling digemari di wilayah Indonesia karena keindahannya. Karakteristik yang menjadi pendukung dari bunga ini terdiri dari daun dan bonggol. Warna daun yang unik ini menjadi daya tarik penggemar untuk membudidayakan bunga adeniuum. Tanaman ini asalnya dari Negara Afrika. Ciri khas yang lainnya terdapat dalam tanaman nya yang bisa menyimpan air. Disebut tanaman sekulen karena tanaman ini mengandung banyaknya air. Keunggulan yang dimiliki adenium berupa tanaman hias yang sangat mudah beradaptasi serta cepat pertumbuhannya.

Penggemar adenium

Namun ada beberapa masalah yang dirasa penggemar adenium menjadi suatu kekurangan dari penanaman ini yaitu akarnya sering busuk dan jarang tumbuh bunga. Sifat yang ada pada adenium antara lain tidak menyukai airkarena sudah ada tempat sendiri bagi bunga ini untuk menyimpan air sehingga ia dapat hidup didaerah tandus dan kering sekalipun. Bunga adelium sangat tidak cocok jika ditempatkan pada daerah lembab dan sah karena akan menghambat pertumbuhannya. Sifat yang berikutnya sangat menyukai matahari dan media porous. Jika ingin melihat adenium tumbuh dengan indah maka letakkan ditempat yang mendapat sinar matahari full.

Cara menanam adenium

Cara menanam adenium menggunakan bibit yang diperoleh secara generative seperti biji. Dihasilkan dari penyerbukan dasar bunga yang kemudian menjadi bakal buah. Jika sudah dua bulan maka buah akan masak dan langsung saja ambil bijinya. Jika secara vegetative lakukan dengan cangkok, stek atau grafting.

Untuk menanam di tanah, buat lubang ukuran 30x30x30 cm dan biarkan selama dua minggu agar hama mati. Kemudian diurug dan campurkan pupuk kandang. Setelah itu lanjutkan dengan penanaman bibit.
Untuk penanaman di pot harus menggunakan media yang subur dan tidak menggunakan air terlalu banyak. Bahan-bahan yang digunakan sekap padi, pasir dan pupuk kandang. Semua bahan itu masukkan dalam pot. Tutup dasar pot supaya tidak keluar ketika sedang disiram.

Proses yang dilakukan untuk generative yakni bertemunya dengan kepala putik yang disebut penyerbukan. Dilakukan dengan bantuan dari serangga atau angin. Bisa juga memakai biji. Cara alami dari penyerbukan sangat mudah daripada buatan manusia, karena harus cermat dalam memilih tangkai yang akan diambil bunganya.

Sumber : http://bkpsdm.pringsewukab.go.id/blog/cara-menanam-buah-naga/