Anak Padang Panjang Berpeluang Kuliah Gratis ke Negeri China

  • October 15, 2019

Anak Padang Panjang Berpeluang Kuliah Gratis ke Negeri China

Anak Padang Panjang Berpeluang Kuliah Gratis ke Negeri China

Harapan Walikota Hendri Arnis untuk mengokohkan pendidikan dasar dan menengah Kota Padang

Panjang berdayasaing global namun tetap dengan karakter Minangkabau dan berbasis nilai-nilai keislaman yang kuat, makin menjadi kenyataan. Menurutnya, tahun lalu siswa SMP Negeri 4 Padang Panjang tampil gemilang pada Asean-China Youth Festival di Pekan Baru.

Demikian disampaikan Kadisdik Kota Padang Panjang, Desmon Jumat (1/4/2016). Di awal tahun 2016, 35 orang siswa SMP Hikmah dan SMPN 5 juga sukses menjalani misi edukasi dan seni budaya ke Malaysia serta tampil memukau di hadapan 3.000 mahasiswa Universitas Tekhnologi Mara, Malaysia.

Tahun 2016 tamatan SLTA Padang Panjang juga memperoleh kesempatan untuk melanjutkan

pendidikan ke jenjang Diploma dan Sarjana di Perguruan Tinggi terbaik di Negeri Tirai Bambu, China, melalui jalur Beasiswa dengan berbagai pilihan jurusan.

Maneger Yayasan Indonesia Tionghoa Cultural Centre (ITCC), Andreas, langsung datang ke Padang Panjang, Rabu, 30 Maret 2016, memberikan sosialisasi dan motivasi dihapan 250 siswa SLTA dan perwakilan orang tua di Aula SMP Hikmah.

Melihat tingginya respon sekolah dan pemerintah kota, melalui Dinas Pendidikan, Andreas, memberikan kesempatan yang semula disediakan untuk 15 orang ditambah menjadi 50 orang peminat yang bersungguh-sungguh tanpa ada proses seleksi. Dan ditambah pula 10 quota untuk program khusus Farmasi Herbal.

“Yang paling cepat merespon dan melengkapi persyaratan itu lah yang diterima,” katanya.

Disebutkan, pendaftaran dan kelengkapan administrasi dibuka sampai tanggal 25 April 2016. Adapun persyaratan yg diminta adalah paspor, Kartu Keluarga (KK), surat pernyataan dan dukungan orang tua, serta keterangan telah menamatkan sekolah dari kepala sekolah atau ijasah SMA/SMK/MA. Pendaftaran dipusatkan di SMP Hikmah Padang Panjang.

Dijelaskan Andreas, bagi yang dinyatakan diterima akan mengikuti pembelajaran Bahasa Mandarin di SMP

Hikmah yang juga telah ditetapkan sebagai Pusat Pembelajaran Bahasa Mandarin di Wilayah Sumatera oleh ITCC.

Keberangkatan ke China dijadwalkan bulan September 2016. Selama di China mereka akan mengikuti perkuliahan dan tinggal di asrama yang sangat layak di kampus masing-masing tanpa biaya (free). Kecuali untuk jurusan kedokteran dan untuk keperluan pribadi, seperti makan minum, buku, dan keperluan pribadi lainnya.

 

Baca Juga :