40 Guru TPA/TPQ Ikuti Peningkatan Kompetensi

  • October 11, 2019

40 Guru TPA/TPQ Ikuti Peningkatan Kompetensi

40 Guru TPA TPQ Ikuti Peningkatan Kompetensi

Sebanyak 40 guru TPA/TPQ dari delapan kecamatan se-Kabupaten Bengkalis

, Senin (20/3/2017) mendapat pelatihan peningkatan kompetensi, yang ditaja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah.

Pelatihan tersebut merupakan bentuk perhatian Pemkab Bengkalis dalam meningkatkan kompetensi guru ngaji. Karena dalam membangun mental spiritual, guru ngaji berperan sebagai pahlawan peletak dasar pengetahuan dan pendidikan agama islam sejak usia dini. Demikian disampaikan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Heri Indra Putra, di Gedung Daerah Laksamana Raja Dilaut.

“Untuk melaksanakan kegiatan belajar Al Qur’an, sejak zaman Rasulullah SAW.

, sampai sekarang, tidak terlepas dari peran seorang guru ngaji. Bahkan Rasulullah SAW yang bergelar orang Arab paling fashih bacaannya pun ketika belajar membaca Al Qur’an berguru pada malaikat Jibril. Begitulah pentingnya seorang guru untuk membimbing supaya terhindar dari kesalahan,” jelasnya.

Heri juga mengatakan untuk mempelajari Al Qur’an, keberadaan guru ngaji mutlak diperlukan, karena Al Qur’an bukan hanya persoalan huruf yang hanya dibaca, tapi, juga menyangkut tajwid, makhraj, tafsir, takwil ataupun yang lain.

Dikatakan Heri, pelatihan yang diadakan setahun sekali ini, bermaksud untuk meningkatkan ilmu

pengetahuan guru, karena kalau gurunya tidak mempunyai kompetensi bagus bagaimana dia bisa menularkan secara baik kepada murid-muridnya. Ini juga merupakan komitmen Pemkab Bengkalis dalam membumikan Al Qur’an, sehingga lima atau sepuluh tahun kedepan, tidak ada lagi masyarakat di Negeri Junjungan ini yang tidak bisa mengaji, melalui peran guru mengaji inilah misi Pemkab Bengkalis akan terwujud.

Senada dengan Heri indra Putra, Ketua penyelenggara kegiatan, Suwarto mengatakan, diselenggarakannya kegiatan tersebut agar guru-guru TPA/TPQ di Kabupaten Bengkalis memiliki kualitas dalam menyampaikan bahan ajarannya kepada peserta didik, sehingga pada masa yang akan datang generasi Bengkalis memiliki kualitas ilmu agama yang mumpuni.*

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/TLfc5mdS05P3c3